PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNTUK IKUT SERTA DALAM ELECTRONIC COMMERCE
Electronic Commerce (E-Commerce) adalah proses pembelian dan penjualan produk, jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Manfaat E-Commerce :
- Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
- Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
- Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
Kendala E-Commerce :
- Biaya tinggi.
- Masalah keamanan.
- Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.
Era baru E-Commerce :
- Mengganti software yang khusus dengan penggunaan internet browsers.
- Membuat interface yang umum untuk pelanggan dan mitra E-Commerce.
Intelejen bisnis adalah pengumpulan informasi tentang pesaing perusahaan hingga ke semua elemen lingkungan.
Tugas-tugas intelijen dasar
Tugas-tugas intelijen dasar
Intelijen
kompetitif melibatkan lima tugas dasar intelijen, antara lain :
- Mengumpulkan data, perusahaan dapat memperoleh data primer atau data sekunder. Data
primer dikumpulkan oleh perusahaan. Data sekunder dikumpulkan oleh orang lain dan
disediakan untuk perusahaan.
primer dikumpulkan oleh perusahaan. Data sekunder dikumpulkan oleh orang lain dan
disediakan untuk perusahaan.
- Menganalisis data, data jarang mengungkapkan keseluruhan cerita. Biasanya kesenjangan
perlu diisi. Istilah pemikiran lateral (lateral thinking) menjelaskan bagaimana anda
meneliti data dari berbagai sudut, mencari berbagai pola. Tujuan dari langkah analisis
adalah mengubah data menjadi intelijen.
perlu diisi. Istilah pemikiran lateral (lateral thinking) menjelaskan bagaimana anda
meneliti data dari berbagai sudut, mencari berbagai pola. Tujuan dari langkah analisis
adalah mengubah data menjadi intelijen.
- Menyimpan intelijen, jika intelijen dibeli dalam bentuk yang dapat dibaca mesin, seperti
CD-ROM, atau jika itu tersedia secara online, pencatatan ke dalam komputer bukanlah
masalah. Namun, jika intelijen ada dalam bentuk tercetak, itu harus dimasukkan melalui
optical character recognition (OCR) atau dengan mengetik. Setelah berada di komputer,
intelijen itu harus disimpan sedemikian rupa sehingga memudahkan pengambilan kembali.
CD-ROM, atau jika itu tersedia secara online, pencatatan ke dalam komputer bukanlah
masalah. Namun, jika intelijen ada dalam bentuk tercetak, itu harus dimasukkan melalui
optical character recognition (OCR) atau dengan mengetik. Setelah berada di komputer,
intelijen itu harus disimpan sedemikian rupa sehingga memudahkan pengambilan kembali.
- Menyebarkan intelijen, setelah berada dalam penyimpanan komputer, teks dokumen atau
ringkasannya diambil kembali dengan memasukkan parameter pencarian tertentu.
Pengertian interorganizational system (IOS)/sistem antar-organisasi adalah
- Sekumpulan perusahaan yang terkait sehingga membentuk sistem tunggal yang bekerja
sama untuk mencapai tujuan bersama.
- Perbaikan dalam efisiensi dapat berasal dari dalam dan berkaitan dengan organisasi lain.
- Kekuatan tawar-menawar dengan
- Menawarkan keistimewaan produk yang unik.
- Mengurangi biaya yang berhubungan dengan pencarian.
- Meningkatkan biaya peralihan.
Pertukaran data elektronik/Elektronic Data Interchange (EDI)
EDI adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca oleh mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan.
Hubungan EDI yang umum
Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya dan pelanggannya. Kaitan dengan pemasok dinamakan sisi pasokan (supplay side) sistem. Kaitan dengan pelanggan dinamakan sisi pelanggan (customer side). Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
Pengisian kembali persediaan oleh penjual
EDI memungkinkan suatu hubungan yang sama sekali baru. Perusahaan tidak perlu lagi memicu protes pembelian. Bila IOS memiliki kemampuan pengisian kembali persediaan oleh penjual (vendor stock replenishment-VSR), penjual, atau pemasok dapat memulai proses pengisian kembali dengan memantau secara elektronik tingkat persediaan perusahaan. Ini mengharuskan perusahaan untuk memberikan akses database bagi pemasok.
Transfer dana secara elektronik
Pengiriman barang yang dipesan atau pembayaran oleh perusahaan tidak termasuk. Pengiriman barang tidak dapat dilakukan secara elektronik kecuali untuk produksi seperti perangkat lunak atau video, tetapi pembayaran secara elektronik dapat dilakukan. Ketika data yang mewakili uang ditransmisikan melalui jaringan komputer, itu dinamakan EFT, yaitu electronic funds transfer. EFT digunakan oleh banyak perusahaan dan juga oleh perorangan yang cek gajinya didepositokan di rekening bank dan membayar tagihan dengan pembayaran elektronik.
Pengaruh penerapan EDI :
- Reaktif, tekanan persaingan.
- Proaktif, kebutuhan internal.
- Proaktif dan reaktif, dukungan top manajemen.
Tingkat penerapan EDI :
- Pemakai tingkat satu
Hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang
terbatas.
- Pemakai tingkat dua
Banyak set transaksi yang ditranmisikan ke sejumlah mitra dagang.
- Pemakai tingkat tiga
Banyak transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang dan juga aplikasi komputer
perusahaan dengan pendekatan EDI.
Manfaat EDI :
- Langsung
- Mengurangi kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Tidak langsung
- Meningkatkan kemampuan bersaing.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.
Teknologi E-Commerce :
ringkasannya diambil kembali dengan memasukkan parameter pencarian tertentu.
Pengertian interorganizational system (IOS)/sistem antar-organisasi adalah
- Sekumpulan perusahaan yang terkait sehingga membentuk sistem tunggal yang bekerja
sama untuk mencapai tujuan bersama.
- Perbaikan dalam efisiensi dapat berasal dari dalam dan berkaitan dengan organisasi lain.
- Kekuatan tawar-menawar dengan
- Menawarkan keistimewaan produk yang unik.
- Mengurangi biaya yang berhubungan dengan pencarian.
- Meningkatkan biaya peralihan.
Pertukaran data elektronik/Elektronic Data Interchange (EDI)
EDI adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca oleh mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan.
Hubungan EDI yang umum
Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya dan pelanggannya. Kaitan dengan pemasok dinamakan sisi pasokan (supplay side) sistem. Kaitan dengan pelanggan dinamakan sisi pelanggan (customer side). Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
Pengisian kembali persediaan oleh penjual
EDI memungkinkan suatu hubungan yang sama sekali baru. Perusahaan tidak perlu lagi memicu protes pembelian. Bila IOS memiliki kemampuan pengisian kembali persediaan oleh penjual (vendor stock replenishment-VSR), penjual, atau pemasok dapat memulai proses pengisian kembali dengan memantau secara elektronik tingkat persediaan perusahaan. Ini mengharuskan perusahaan untuk memberikan akses database bagi pemasok.
Transfer dana secara elektronik
Pengiriman barang yang dipesan atau pembayaran oleh perusahaan tidak termasuk. Pengiriman barang tidak dapat dilakukan secara elektronik kecuali untuk produksi seperti perangkat lunak atau video, tetapi pembayaran secara elektronik dapat dilakukan. Ketika data yang mewakili uang ditransmisikan melalui jaringan komputer, itu dinamakan EFT, yaitu electronic funds transfer. EFT digunakan oleh banyak perusahaan dan juga oleh perorangan yang cek gajinya didepositokan di rekening bank dan membayar tagihan dengan pembayaran elektronik.
Pengaruh penerapan EDI :
- Reaktif, tekanan persaingan.
- Proaktif, kebutuhan internal.
- Proaktif dan reaktif, dukungan top manajemen.
Tingkat penerapan EDI :
- Pemakai tingkat satu
Hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang
terbatas.
- Pemakai tingkat dua
Banyak set transaksi yang ditranmisikan ke sejumlah mitra dagang.
- Pemakai tingkat tiga
Banyak transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang dan juga aplikasi komputer
perusahaan dengan pendekatan EDI.
Manfaat EDI :
- Langsung
- Mengurangi kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Tidak langsung
- Meningkatkan kemampuan bersaing.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.
Teknologi E-Commerce :
- Sambungan Langsung
Perusahaan dapat membentuk kaitan komunikasi data dengan para mitra dagangnya
dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia jasa komunikasi umum.
- Jaringan Bernilai Tambah
Jangan bernilai tambah (value added network) disediakan oleh penjual yang bukan hanya
menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk
menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
- Internet
Internet memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan
para mitra dagang tetapi juga mencangkup para pelanggan. Sebagian besar kebangkitan
perdagangan melalui jaringan elektronik diharapkan berasal dari perusahaan-perusahaan
yang akan mempromosikan dan dalam beberapa kasus mengirimkan produk mereka
melalui internet.
Evolusi internet
Evolusi internet
- Dimulai dari the Advanced Research Projects Agency Network (Arpanet) dirancang untuk
komunikasi antar komputer secara kontinu pada kegiatan militer.
- Arpanet bergabung dengan Computer Science Network (CSNET) dan and National Science
Foundation Network (NSFNET) untuk membentuk internet.
- Selama tahun 1970-an pekerjaan Arpanet menghubungkan berbagai jaringan.
- Selama tahun awal 1980-an jaringan tersebut dikenal sebagai internet yang bertujuan
bahwa tiap jaringan dapat berkoneksi dengan jaringan lain, dimana bisnis mulai
menggunakannya dari workstations dan LAN.
- Internet menjadi suatu jaringan dari jaringan.
Evolusi internet (Lanjutan)
- Tahun 1989, Tim Berners-Lee dari CERN menemukan konsep hypertext.
- World-Wide Web adalah realisasi dari dokumen hypertext dan material lainnya.
- Hypertext secara konseptual adalah user dapat mengklik suatu kata atau kalimat yang
secara otomatis dihubungkan ke lokasi dari keterangan kalimat tersebut.
Istilah-istilah yang berkaitan dengan internet yang berhubungan dengan web :
- Website, mengacu pada sebuah komputer ke internet yang berisi hypermedia yang dapat
diakses dari komputer lain dijaringan melalui suatu hyperlink.
- Hypertext link, mengacu pada suatu petunjuk yang terdiri dari text atau grafik yang
digunakan untuk mengakses hypertext yang disimpan di web site, teks biasanya digaris
bawahi dan ditampilkan dalam warna biru.
- Web page, mengacu pada suatu file hypermedia yang disimpan di suatu web yang
dididentifikasikan oleh satu alamat yang unik.
- Home page, mengacu pada halaman dari suatu website. Halaman-halaman lain di site
tersebut dapat dicapai dari home page.
- Universal resource locator (URL), mengacu pada alamat dari suatu webpage diucapkan
"earl".
- Protocol
satu set standar
yang mengatur komunikasi data. HTTP adalah protocol untuk hypertext,
dan huruf-huruf itu adalah singkatan dari Hypertext Transport Protocol. Nama protocol
dalam huruf kecil dan diikuti oleh titik dua ( : )dan dua garis
miring (//).
- Domain name
web site tempat web page disimpan. Nama itu didapat memiliki titik-titik (disebut
web site tempat web page disimpan. Nama itu didapat memiliki titik-titik (disebut
dot). Tiga huruf terakhir dari domain name menyatakan jenis web
site, edu
(education/pendidikan), com (commersial/komersial)
dan gov (goverment/pemerintah)
adalah yang paling sering dipakai. Domain
name diikuti oleh garis miring.
- Path
mengidentifikasi suatu account tertentu di web site dan hypertext
markup language
(HTML). HTML adalah kode program yang menciptakanhypertext
link.
- Browser
mengacu pada suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan kita
mengambil
hypermedia dengan mengetikkan parameter pencarian
atau mengklik suatu grafik.
Kemampuan ini membebaskan kita dari keharusan untuk
mengetahui URL dari web page
yang berisi informasi yang kita
butuhkan. Browser disebut juga search engine.
- FTP (File Transfer Protocol)
mengacu pada perangkat lunak
yang memungkinkan kita menyalin ke komputer kita dari
web site mana
saja. Untuk dapat melakukan ini, kita harus tahu URL dari web site
tersebut.
Keamanan Internet
- Setiap sumber yang dihubungkan dengan komunikasi data selalu mempunyai resiko.
- Secara fisik memisahkan Web site dari jaringan perusahaan.
- Memberikan kata sandi sumber pada daya komputer.
- Menggunakan 'Firewalls' merupakan suatu filter yang membatasi arus data antara jaringan
internal perusahaan dan internet.
Intranet adalah jaringan di dalam suatu organisasi yang menggunakan teknologi internet untuk menyediakan lingkungan dan kemampuan internet di dalam perusahaan untuk sharing informasi, komunikasi, kolaborasi, dan mendukung proses bisnis.
Extranet adalah hubungan jaringan yang menggunakan teknlogi internet untuk saling menghubungkan intranet suatu bisnis dengan intranet dari pelanggan, suppliers, atau business partners lainnya.
Aplikasi bisnis untuk internet :
- Riset pemasaran.
- Intelejen kompetitif.
- Aplikasi eceran.
- Implikasi kedepan dari internet pada bisnis adalah peningkatan program informasi
infrastruktur nasional menjadi establis.
Saran penggunaan internet yang sukses :
- Web yang selalu dikembangkan.
- Struktur database yang fleksibel dan intuitif.
- Sering di update.
- Melihat pelanggan.
- Mengarahkan isi untuk kebutuhan pemakai tertentu.
- Buat interface yang intuitif.
- Ciptakan rasa kebersamaan.
- Buat help jika diperlukan.