Sistem Informasi Manajemen

Penggunaan Komputer
Di Pasar Internasional

Perusahaan multinasional (multinational corporation) atau  MNC adalah perusahaan yang beroperasi melintasi berbagai produk, pasar, bangsa  dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan anak-anak perusahaan. Anak-anak perusahaan tersebut secara geografis dan masing-masing mungkin memiliki tujuan, kebijaksanaan dan prosedur tersendiri.

Ada beberapa jenis Struktur Organisasi MNc menurut William Egolhoff :

1.   Tiap struktur membutuhkan pemrosesan informasi sendiri.

2.  Divisi Fungsional  Sedunia, anak-anak perusahaan diorganisasikan menurut jalur fungsional – manufatur, pemasaran dan keuangan. Area-area fungsional di anak perusahaan ini melapor langsung pada pasangan fungsional mereka di perusahaan induk. Dengan pengaturan ini, semua perencanaan startegis bagi MNC harus dilakukan pada tingkat eksekutif puncak di perusahaan induk, karena data yg mengintegrasikan seluruh operasi tak terdapat pada tingkat yg lebih tinggi Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.

3.  Divisi Internasional Dalam struktur ini, anak-anak perusahaan diluar negeri melapor pada suatu divisi internasional MNC yg terpisah dari divisi induk. Untuk semua keperluan praktis, MNC ini sebenarnya dua organisasi terpisah – satu yang mendukung operasi domestik dan – satu yg mendukung anak-anak perusahaan. Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.

4.   Wilayah Geografis Dalam struktur ini, MNC membagi operasinya menjadi wilayah-wilayah dan tiap wilayah bertanggung jawab atas anak-anak perusahaan yg berlokasi dalam batasnya. Staff kantor pusat pada perusahaan induk biasanya sedikit, dan mengkoordinasikan arus informasi antara perusahaan induk dan anak perusahaan. Keurangan struktur ini adalah tak adanya komunikasi antar wilayah Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.

5.  Divisi Produk Sedunia Dalam struktur ini, perusahaan diorganisasikan menurut jalur divisi produk , dan tiap divisi bertanggung jawab atas operasi mereka sendiri diseluruh dunia. Keunggulannya, struktur ini memungkinkan MNC lebih mudah mengenali beragam kebutuhan produk dari berbagai anak perusahaan dan menyesuaikan lini produk menurut kebutuhan tersebut. Dtruktur organisasi ini menyediakan hubungan pelaporan yg berlainan antara perusahaan induk dan anak perusahaan Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.

Kebutuhan pemrosesan informasi yang khusus di MNC :
1.  Pengaruh kondisi internal dan eksternal.
2.  Meminimalkan ketidakpastian yang ditimbulkan lingkungan.
3.  Menggunakan IT untuk mencapai kesuksesan performance.

Perlunya kordinasi dalam suatu MNC
Keuntungan koordinasi : 
1.  Fleksibilitas dalam member respon terhadap pesaing di berbagai negara dan pasar.
2. Kemampuan memberikan respon di suatu negara, atau wilayah daru suatu negara  
     terhadap perubahan di negara atau wilayah lain. 
3.  Kemampuan mengikuti kebutuhan pasar di seluruh dunia.
4.  Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit-unit di berbagai negara. 
5.  Pengurangan keseluruhan biata operasi.
6.  Peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
7.  Kemampuan mencapau dan mempertahankan keragaman produk perusahaan serta cara 
      produksi dan distribusinya.
 
Jenis-jenis Strategi Bisnis MNC :
1.  Strategi Multinasional.
2.  Strategi Global.
3.  Strategi Internasional. 
4.  Strategi Transnasional.

Masalah implementasi GIS :
1. Kendala politik yaitu pembatasan pembelian dan impor hardware, pembatasan data
    processing dan pembatasan data communication.
2. Permasalahan teknologi yaitu sering terjadi pemadaman listrik, pengiriman data yang
     lambat dan sofware bajakan.
3. Kurang dukungan dari manajer anak perusahaan yaitu menerapkan standar baru 
     sebagai hal yang tidak perlu dan akan mengurangi pendapatan.

Stategi implementasi GIS :
1.  Multinational strategy, tim pengembang di tiap anak perusahaan.
2.  Global strategy, tim pengembang dikirim dari induk perusahaan.
3.  Internasional, tim pengembang yang dapat ditugaskan di anak perusahaan.
4.  Transnational strategy, tim pengembang merupakan tim pengembang induk perusahaan
     dan anak perusahaan.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Large Rainbow Pointer