Penggunaan Komputer
Di Pasar Internasional
Perusahaan
multinasional (multinational corporation) atau MNC adalah perusahaan yang beroperasi
melintasi berbagai produk, pasar, bangsa dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan
anak-anak perusahaan. Anak-anak perusahaan tersebut secara geografis dan
masing-masing mungkin memiliki tujuan, kebijaksanaan dan prosedur tersendiri.
Ada beberapa jenis Struktur Organisasi MNc menurut
William Egolhoff :
2. Divisi
Fungsional Sedunia, anak-anak perusahaan diorganisasikan menurut jalur
fungsional – manufatur, pemasaran dan keuangan. Area-area fungsional di anak
perusahaan ini melapor langsung pada pasangan fungsional mereka di perusahaan
induk. Dengan pengaturan ini, semua perencanaan startegis bagi MNC harus
dilakukan pada tingkat eksekutif puncak di perusahaan induk, karena data yg
mengintegrasikan seluruh operasi tak terdapat pada tingkat yg lebih tinggi
Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.
3. Divisi
Internasional Dalam struktur ini, anak-anak perusahaan diluar negeri melapor
pada suatu divisi internasional MNC yg terpisah dari divisi induk. Untuk semua
keperluan praktis, MNC ini sebenarnya dua organisasi terpisah – satu yang
mendukung operasi domestik dan – satu yg mendukung anak-anak perusahaan.
Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.
4. Wilayah
Geografis Dalam struktur ini, MNC membagi operasinya menjadi wilayah-wilayah
dan tiap wilayah bertanggung jawab atas anak-anak perusahaan yg berlokasi dalam
batasnya. Staff kantor pusat pada perusahaan induk biasanya sedikit, dan
mengkoordinasikan arus informasi antara perusahaan induk dan anak perusahaan.
Keurangan struktur ini adalah tak adanya komunikasi antar wilayah Penggunaan
Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.
5. Divisi
Produk Sedunia Dalam struktur ini, perusahaan diorganisasikan menurut jalur
divisi produk , dan tiap divisi bertanggung jawab atas operasi mereka sendiri
diseluruh dunia. Keunggulannya, struktur ini memungkinkan MNC lebih mudah
mengenali beragam kebutuhan produk dari berbagai anak perusahaan dan
menyesuaikan lini produk menurut kebutuhan tersebut. Dtruktur organisasi ini
menyediakan hubungan pelaporan yg berlainan antara perusahaan induk dan anak perusahaan
Penggunaan Komputer di Pasar Internasional Perusahaan Multinasional.
Kebutuhan pemrosesan informasi yang khusus di MNC :
1. Pengaruh kondisi internal dan eksternal.
2. Meminimalkan ketidakpastian yang ditimbulkan lingkungan.
3. Menggunakan IT untuk mencapai kesuksesan performance.
Perlunya kordinasi dalam suatu
MNC
Keuntungan koordinasi : 1. Fleksibilitas dalam member respon terhadap pesaing di berbagai negara dan pasar.
2. Kemampuan memberikan respon di suatu negara, atau wilayah daru suatu negara
terhadap perubahan di negara atau wilayah lain.
3. Kemampuan mengikuti kebutuhan pasar di seluruh dunia.
4. Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit-unit di berbagai negara.
5. Pengurangan keseluruhan biata operasi.
6. Peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
7. Kemampuan mencapau dan mempertahankan keragaman produk perusahaan serta cara
produksi dan distribusinya.
Jenis-jenis Strategi Bisnis MNC :
1. Strategi Multinasional.
2. Strategi Global.
3. Strategi Internasional.
4. Strategi Transnasional.
Masalah implementasi GIS :
1. Kendala politik yaitu pembatasan pembelian dan impor hardware, pembatasan data
processing dan pembatasan data communication.
2. Permasalahan teknologi yaitu sering terjadi pemadaman listrik, pengiriman data yang
lambat dan sofware bajakan.
3. Kurang dukungan dari manajer anak perusahaan yaitu menerapkan standar baru
sebagai hal yang tidak perlu dan akan mengurangi pendapatan.
Stategi implementasi GIS :
1. Multinational strategy, tim pengembang di tiap anak perusahaan.
2. Global strategy, tim pengembang dikirim dari induk perusahaan.
3. Internasional, tim pengembang yang dapat ditugaskan di anak perusahaan.
4. Transnational strategy, tim pengembang merupakan tim pengembang induk perusahaan
dan anak perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar